FIRMAN ALLAH

0 komentar

F I R M A N A L L A H

1. PENDAHULUAN

Secara dogmatis, Alkitab adalah Firman Allah. Orang Kristen percaya bahwa Alkitab adalah Firman Allah yang memiliki kewibawaan tertinggi atas kehidupan orang-orang Kristen. Roh Kudus bekerja dalam diri warga gereja, sehingga orang kristen membaca dan mendegar isi Alkitab selaku Firman Allah.


Alkitab selaku Firman Allah ditulis oleh manusia pada jaman dan situasi tertentu beribu tahun yang lalu. Kita membaca Firman Allah yang tertulis dalam Alkitab dengan keaneka ragaman cara penulisan, serta dari penulis-penulis yang berbeda-beda pula (a.l. Musa, Daud, Salomo, Yesaya, Yeremia, Sepanya, Maleakhi, Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Paulus, dan lain-lain). Firman Allah yang ditulis pada masa lampau, itulah yang kita baca dan dengar sekarang dan seterusnya. Oleh karena itu untuk dapat mengerti dan memahami Firman Allah yang tertulis dalam Alkitab, kita harus senantiasa menyadari akan adanya perbedaan waktu, situasi, lingkungan dan cara berpikir pada saat Alkitab ditulis dengan jaman kita sekarang.

Pemahaman dan pemberlakuan Firman Allah dalam kehidupan orang Kristen selalu berkaitan dengan apa arti dan tujuan teks Alkitab (Firman Allah) pada waktu dituliskan, dan apa arti dan tujuannya bagi konteks dan situasi kita sekarang.

2. PEMAHAMAN TENTANG FIRMAN ALLAH DALAM ALKITAB

Berbicara tentang Firman Allah, berarti berbicara tentang Alkitab. Kita dapat mengetahui Firman Allah setelah membaca dan mendengarnya melalui apa yang tertulis di dalam Alkitab.

Alkitab yang kita miliki sekarang, pada mulanya ditulis dalam dua bahasa asli, yaitu : Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani, dan Perjanjian Baru dalam bahsa Yunani. Bagaimanakah pemahaman / pengertian Firman Allah yang tertulis dalam Alkitab ? untuk ini kita menggumuli dari kata “Firman” yang tertulis dalam Alkitab.

2.1. Firman Allah dalam Perjanjian Lama
Kata “Firman” (Allah) yang terdapat dalam kitab Perjanjian Lama’ adalah terjemahan dari kata “dabar” dalam bahasa Ibrani. Akar kata “dabar” dalam bahasa Ibrani berarti “menyatakan hal yang ada dibelakang / dibalik”. Dalam psikologi Ibrani ucapan seseorang dipandang sebagai bagian dari kedirian dan keberadaan yang nyata dari sipembicara sendiri. Jadi “dabar” (Firman), selaku ucapan Allah adalah penyataan diri Allah sendiri. Kata “dabar” dalam PL dipakai 394 kali tentang komunikasi dari Allah kepada manusia.

Dalam kitab Perjanjian Lama, Firman Allah berarti penyataan dari kedirian dan keberadaan yang nyata dari Allah. Firman Allah mengandung kuasa yang serupa dengan kuasa Allah yang mengucapkanNya. Allah menciptakan langit dan bumi dengan Firman (Kej.1). Dalam kehidupan manusia, Firman Allah harus didengar dan dilaksanakan (Maz.103:20); tidak boleh ditambahi atau dikurangi (Ul. 12:32). Firman Allah tetap untuk selama-lamanya (Yes.40:8), tidak akan kembali sebelum digenapi (Yes.55:11). Firman Allah adalah penyataan Allah yang juga diberikan kepada para nabi.

2.2. Firman Allah dalam Perjanjian Baru
Firman (dabar) dalam Perjanjian Lama, diterjemahkan dengan kata “logos” (bah.Yunani) dalam Perjanjian Baru. Kata “logos” juga dipakai dalam pengertian yang lebih luas, yaitu “perkataan/ucapan”.

Firman (logos) menurut Perjanjian Baru memiliki kesatuan dengan Allah, mengandung kegiatan mencipta, memelihara (alam semesta) dan menyatakan diri kepada manusia. Dalam kata “Firman”, Kristus perlu ditafsirkan secara theologis (Yoh. 1:1, 14 ; 1 Yoh.1:1-2, Wahyu 19:13).

Dalam surat-surat kiriman, Firman juga disebut sebagai Firman kehidupan (Fil. 2:16) Firman kebenaran (Ef. 1:13) kabar keselamatan (Kis.13:26), berita perdamaian (II Kor.5:19), pemberitaan tentang salib (1 Kor.1:18).

Kabar, berita, pemberitaan disebut ‘logos’. Firman (logos) adalah amanat dari pihak Allah yang dinyatakan dalam Yesus Kristus, yang wajib diberitakan dan ditaati.

Dalam Perjanjian Baru, bentuk jamak dari “logos” yaitu “logia” menunjuk kepada Firman dalam Perjanjian Lama, misalnya dalam Kis. 7:38 “Firman-firman yang hidup” menunjuk kepada Taurat Musa. Logia adalah pengumuman-pengumuman Allah yang mempunyai kekuasaan dan dihadapanNya manusia berdiri dengan hormat, menyembah dan merendahkan diri.

3. FIRMAN ALLAH DAN KEHIDUPAN ORANG KRISTEN

Selaku orang percaya, Firman Allah menjadi “pelita pada kaki” dan terang pada jalan” (Maz. 119:105) kita. Menjadi dasar dan pedoman bagi perbuatan dan kehidupan orang beriman (II Tim.3:16-17). Oleh karena itu orang kristen (secara pribadi, bersama) harus membaca, mendengar dan merenungkannya siang malam (Maz.1). Firman Allah haruslah secara sungguh-sungguh dipahami, dihayati dan dilaksanakan dengan benar dalam iman dan ketaatan kepada Allah dalam Yesus Kristus.

Firman Allah menjadi standard universal dari iman. Hidup rohani dan etika serta moral Kristen. Dengan membaca dan mendengar Firman Allah orang kristen dapat memahami rencana Allah bagi dunia, dan mengenal dirinya sebagai manusia ciptaan Tuhan. Firman Allah memberikan bimbingan dan hikmat bagi kita, dan bukan memberi suatu jawaban bagi semua masalah dan pertanyaan kita. Dengan bimbingan Firman Allah orang percaya diberikan kekuatan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat dimana kita ditempatkan/berada. Dengan Firman Allah, kita sanggup memperoleh dan memberikan jawaban atas masalah dan pertanyaan yang kita hadapi.

Firman Allah menuntun kepada kepastian dan pemastian keselamatan Allah di dalam Yesus Kristus, memperbaiki karakter yang rusak karena dosa serta meneguhkan kita didalam kebenaran Allah.

Sumber : GKPS

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 GKPS Samarinda.
Blogger Template by Noct | Distributed by: best blogger seo template 2012free blogger templates like website | best free vpn yahoo answers cheap vpn netflix